Makalah Pendidikan IPS SD Kelas Lanjut
“Mind Mapping”
Disusun Oleh
1.
Eni
Rohmawati (1497174012)
2.
Finka Firdha Ayu Widayanti (1497174013)
3.
M.
Ainul Muttaqin (14971740
4.
M.
Masudi
(149717401
PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
HASYIM ASY’ARI
Tebuireng
– Jombang
2016
Kata
Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kepada kehadirat Allah
SWT, tak lupa sholawat serta salam kami tujukan kepada Nabi Muhammad SAW,
karena berkat karunia-Nya kami dapat menyelesaikan makalah mata kuliah
Pendidikan IPS SD kelas lanjut yang
berjudul “Mind Mapping ” ini tepat pada waktunya.
Penyusunan makalah ini dibuat dalam rangka memenuhi
salah satu tugas Pendidikan IPS SD Kelas Lanjut. Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak
Bambang Edi selaku dosen pengampu mata kuliah yang telah
membimbing kami pada dalam penyusunan makalah ini.
Kami menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini
masih jauh dari kata sempurna baik secara materi maupun secara penulisannya.
Namun demikian, penulis telah berupaya dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu
kritik dan saran sangat kami harapkan untuk menyempurnakan makalah selanjutnya.
Demikian sedikit kata dari kami. Kami bererharap
makalah ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa/i Universitas Hasyim Asy’ari.
Jombang
29 Oktober 2016
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Selama
ini kita belajar tidak merujuk ke cara bekerja otak. Otak sebagai organ vital
dalam belajar, sama sekali tidak dipelajari lebih dahulu cara bekerjanya oleh
para pendidik dan juga anak didik. Otak ternyata didesain untuk mencari makna.
Sel-sel saraf otak akan tumbuh hebat bila diberi tantangan dan
rangsangan-rangsangan baru. Jika kita memahami cara otak bekerja dan berfungsi,
otak akan membalas dengan bekerja lebih baik. Kita akan mudah menemukan ide
cemerlang, mengingkat informasi ketika membutuhkan, dan menemukan jalan keluar
kreatif terhadap masalah.
Otak
buntu merupakan momok bagi kalangan yang bergelut dengan gagasan dan
kreativitas. Ternyata bukan hanaya seniman atau pemikir yang masuk kalangan
yang bergelut dengan gagasan dan kreativitas. Pekerja kantoran juga tak jarang
harus berkutat dengan ide-ide ketika ia diberi tugas menyiapkan laporan atau
membuat presentasi. Bayangkan apabila pada saat itu pikiran kita sendang buntu.
Salah
satu alternatif untuk memecahkan kebuntuan otak adalah dengan menggambarkan
peta pikiran atau yang biasa disebut mind mapping. Dengan adanya peta pikiran
otak akan lebih cepat mengingat dan memahami sesuatu.
B. Rumusan Masalah
1.
Pengertian mind mapping
2.
Manfaat mind mapping
3.
Langkah-langkah membuat mind mapping
C. Tujuan
1.
Untuk mengetahui pengertian mind mapping
2.
Untuk menetahui manfaat mind mapping
3.
Untuk mengetahui lankah-langkah memmbuat mind mapping
BAB II
PEMBAHASAN
1. Pengertian Mind Mapping
Menurut
Porter & Hernacki (2008:152-159) : Mind Mappingjuga dapat disebut dengan
peta pemikiran. Mind Mapping juga merupakan metode mencatat secara menyeluruh
dalam satu halaman. Mind Mapping menggunakan pengingat visual dan sensorik
dalam suatu pola dari ide-ide yang berkaitan. Peta pikiran atau Mind Mapping
pada dasarnya menggunakan citra visual dan prasarana grafis lainnya untuk
membentuk kesan pada otak.
Sedangkan
menurut Tony Buzan, Mind Map adalah sistem penyimpanan dan penarikan data
(informasi) yang sangat luar biasa yang terdapat di dalam otak kita. Secara
umum mind map dapat diartikan sebagai suatu alternatif pemikiran keseluruhan
otak terhadap pemikiran yang terputus-putus. Dalam arti, mind map merupakan
suatu cara berpikir yang menghubungkan satu subjek dengan subjek yang lain
kemudian menghimpunnya menjadi satu kesatuan yang utuh.
Secara
khusus, mind map adalah suatu bentuk atau cara menempatkan informasi ke dalam
otak dan mengambil informasi ke luar dari otak secara visualisasi. Dengan kata
lain, mind map adalah cara memetakan pikiran-pikiran kita secara tergambar atau
kasat mata (menggunakan gambar dan warna).
Dengan
mind map, setiap potong informasi baru yang kita masukan ke otak kita otomatis
dikaitkan ke semua informasi yang sudah ada di sana. Semakin banyak ingatan
yang melekat pada setiap potong informasi dalam kepala kita, akan semakin mudah kita mengaitkan ke luar.
Mind map adalah teknik pembelajaran menggunakan peta konsep.
Pencatatan materi belajar dituangkan dalam bentuk diagram yang memuat simbol,
kode, gambar dan warna yang saling berhubungan. Fungsi mind map adalah
untuk menggambarkan ide, menerangkan definisi suatu materi, atau mencari solusi
sebuah masalah
Mind
Mapping akan membantu membuka potensi otak
kita sepenuhnya. Jutaan orang menggunakan Peta Pikiran setiap hari untuk
membantu mereka. Ada yang menggunakannya agar mereka bisa membuat perencanaan
yang lebih baik atau menjadi pembicara yang lebih percaya diri, sementara ada
juga yang menggunakan Peta Pikiran untuk memecahkan masalah dalam skala yang
lebih besar.
Menurut
Hernowo, Peta Pikiran juga merupakan alat berpikir yang sangat efektif karena
ia memberi peluang kepada kita untuk membuat garis besar tentang berbagai
gagasan pokok (main ideas) dan menyebabkan kita melihat secara jelas dan cepat
bagaimana berbagai gagasan tadi saling berhubungan dan berkaitan. Ada juga yang
menyebut sebagai Peta Kognitif yaitu tampilan konsep-konsep secara skematis
yang mampu menunjukkan makna konsep berdasarkan proposisi.
Konsep ini
didasarkan pada cara kerja otak kita menyimpan informasi. Hasil penelitian
menunjukan bahwa otak kita tidak menyimpan informasi dalam kotak-kotak sel
saraf yang terjejer rapi melainkan dikumpulkan pada sel-sel saraf yang
bercabang-cabang yang apabila dilihat sekilas akan tampak seperti cabang-cabang
pohon. Dari fakta tersebut dapat disimpulkan apabila kita juga menyimpan
informasi seperti cara kerja otak, maka akan semakin baik informasi tersimpan
dalam otak dan hasil akhirnya tentu saja proses belajar kita akan semakih
mudah.
Oleh
karena itu Peta Pikiran merupakan peta rute yang hebat bagi ingatan,
memungkingkan kita menyusun fakta dan pikiran sedemikian rupa sehingga cara
kerja alami otak dilibatkan sejak awal. Ini berarti mengingat informasi akan
lebih mudah dan lebih bisa diandalkan daripada menggunakan teknik pencatatan
tradisional.
2.
Manfaat Mind Mapping
Peta Pikiran melibatkan kedua sisi otak karena peta pikiran
menggunakan gambar, warna, dan imajinasi (wilayah otak kanan) bersamaan dengan
kata, angka, logika (wilayah otak kiri). Peta Pikiran juga membantu otak
membuat loncatan pengertian dan imajinasi besar melalui asosiasi. Jika kita
hanya membuat daftar sederhana tentang sebuah gagasan, kemungkinan besar kita
tidak menghasilkan jumlah ide yang sama seperti jika kita membuat Peta Pikiran.
Semakin sering kita menggunakan Peta Pikiran di dalam
kehidupan sehari-hari, semakin mudahlah kita melibatkan kedua sisi otak,
ingatlah semakin sering kita mengulang sesuatu, semakin mudah kita
melakukannya.
Tony Buzan
mengatakan bahwa Peta Pikiran dapat membantu kita untuk banyak hal yaitu :
a.
Merencanakan
- Berkomunikasi
- Menjadi lebih kreatif
- Menyelesaikan masalah
- Memusatkan perhatian
- Menyusun dan menjelaskan pikiran-pikian
- Mengingat dengan lebih baik
- Belajar lebih cepat dan efisien
- Melatih “gambar keseluruhan”
Sedangkan
menurut Michael Michaliko dalam buku Cracking Creative Mind Mapping
mengatakan bahwa kegunaan Peta Pikiran adalah :
a.
Mengaktifkan
seluruh otak
- Membereskan akal dari kekusutan mental
- Memungkinkan kita berfokus pada topik
- Membantu menunjukkan hubungan antara bagian-bagian informasi yang saling terpisah.
- Memberi gambaran yang jelas pada keseluruhan dan perincian.
- Memungkinkan kita mengelompokkan konsep, membantu kita dalam membandingkan.
Dalam
bahan ajar Prof Dr. I.G.A.K. Wardhani, MSc. Ed, dikatakan bahwa fungsi dari
Peta Kognitif adalah :
a.
Peta
Visual, menggambarkan pemahaman seseorang terhadap konsep tertentu.
- Membantu mengorganisasikan materi/konsep perkuliahan.
- Membantu menemukan informasi dalam pikiran.
Jadi, kita dapat menarik kesimpulan
bahwa manfaat dari membuat mind mapping adalah sebaai berikut :
a. Membantu merencanakan
b. Meningkatkan keterampilan berfikir
c. Membantu mengorganisasikan
materi/konsep dalam belajar
d. Memudahkan memahami pembelajaran
e. Membantu tetap fokus pada satu
tujuan ( inti mind map)
f. Memudahkan mengingat dan
menyenangkan
g. Menambah daya kreatifitas
h. Dapat mengoptimalkan kerja otak
kanan dan otak kiri
i.
Belajar
menjadi lebih cepat dan efisien
j.
Membantu berfikir secara keseluruhan dengan cepat dan
efisien
k. Mengembangkan sebuah ide
l.
Membantu
mengatasi kejenuhan terhadap materi
3.
Langkah-langkah membuat mind mapping
Sebelum
membuat mind map ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mind map yang
dibuat akan lebih hidup dan mengesankan. Dalam membuat Mind Mapping juga
diperlukan keberanian dan kreativitas yang tinggi. Variasi dengan huruf
capital, warna, garis bawah atau simbol-simbol yang menggambarkan poin atau
gagasan utama
Tony Buzan
telah menyusun sejumlah aturan yang harus diikuti agar Mind Mapping yang dibuat
dapat memberikan manfaat yang optimal
a. Kertas
Kertas
polos dengan ukuran minimal A4 ,lebih disarankan ukuran A3 dengan orientasi horizontal ( Landscape ).
Central topic diletakkan ditengah-tengah kertas dengan variasi sebisa mungkin
berupa image dengan minimal 3 warna
b. Garis
Buat
garis yang lebih tebal jika mendekati topik utama, dan akan lebih tipis jika
garis menjauh dari pusat. Usahakan menggunakan garis lengkung jangan lurus
dengan panjang yang sama dengan panjang kata, setiap garis harus terhubung dan
tersambung ke pusat
c. Kata
menggunakan
kata kunci saja dan hanya satu kata untuk satu garis. Harus selalu menggunakan
huruf cetak supaya lebih jelas dengan besar huruf yang semakin mengecil untuk
cabang yang semakin jauh dari pusat.
d. Image
gunakan
sebanyak mungkin gambar, kode, simbol, grafik, table dan ritme karena lebih
menarik serta mudah untuk diingat dan dipahami. Kalau memungkinkan gunakan
Image yang 3 Dimensi agar lebih menarik lagi.
e. Warna
gunakan
minimal 3 warna dan lebih baik 5 – 6 warna. Warna berbeda untuk setiap
BOIs dan warna cabang harus mengikuti warna BOIs .
f. Struktur
Menggunakan
struktur radian dengan sentral topik di tengah-tengah kertas dan selanjutkanya
cabang-cabangnya menyebar ke segala arah. BOIs umunya terdiri dari 2-7 buah
yang disusun sesuai dengan arah jarum jam, dimulai dari arah jam 1.
Setelah memperhatikan aturan yang
dibuat agar mind map terasa berkesan selanjutnya, kita dapat membuat mind map
kita sendiri. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
Langkah-langkah membuat mind map
menurut Tony Buzan :
a. Mulai dari bagian Tengah kertas kosong yang
sisinya panjang diletakan mendatar. Alasan, karena memulai dari tengah memberi
kebebasan kepada otak untuk menyebarkan ke segala arah dan untuk mengungkapkan
dirinya dengan lebih bebas dan alami.
b.
Gunakan
gambar atau foto untuk ide sentral Anda. Alasan, karena gambar bermakna seribu
kata dan membantu kita menggunakan imajinasi. Sebuah gambar sentral akan lebih
menarik, membuat kita tetap terfokus, membantu kita berkonsentrasi, dan
mengaktifkan otak kita.
c.
Gunakan
warna. Alasan, karena bagi otak, warna sama menariknya dengan gambar. Warna
membuat Peta Pikiran lebih hidup, menambah energi kepada Pemikiran Kreatif, dan
menyenangkan.
d.
Hubungkan
Cabang-Cabang Uama ke gambar pusat dan hubungkan cabang-cabang tingkat dua dan
tiga ke tingkat satu dan dua, dan seterusnya. Alasan, karena otak bekerja
menurut asosiai. Otak senang mengaitkan dua (atau tiga, atau empat) hal
sekaligus. Bila kita menghubungkan cabang-cabang, kita akan lebih mudah
mengerti dan mengingat.
e.
Penghubungan
cabang-cabang utama akan menciptakan dan mementapkan struktur dasar atau
arsitektur pikiran kita. Ini serupa dengan cara pohon mengaitkan
cabang-cabangnya yang menyebar dari batang utama. Jika ada celah-celah kecil di
antara batang sentral dencan cabang-cabang utamanya atau di antara
cabang-cabang utama dengan cabang dan ranting yang lebih kecil, alam tidak akan
bekerja dengan baik.
f.
Buatlah
garis hubung yang Melengkung, bukan garis lurus. Alasan, karena garis lurus
akan membosankan otak. Cabang-cabang yang melengkung dan organis, seperti
cabang-cabang pohon, jauh lebih menarik bagi mata.
g.
Gunakan
satu kata kunci untuk setiap garis. Alasan, karena kata kunci tunggal memberi
lebih banyak daya dan flesibilitas kepada Peta Pikiran. Setiap kata tunggal
atau gambar adalah seperti pengganda, menghasilkan sederet asosiasi dan hubungannya
sendiri. Bila kita menggunakan kata tunggal, setiap kata ini akan lebih bebas
dan cenderung menghambat efek pemicu ini. Peta pikiran memiliki lebih banyak
kata kunci seperti tangan yang semua sendi jarinya bekerja.
h.
Gunakan
gambar. Alasan, karena seperti gambar sentral, setiap gambar bermakna seribu
kata. Jika bila kita hanya mempunyai 10 gambar di dalam Peta Pikiran kita, Peta
Pkiran kita sudah setara dengan 10.000 kata catatan.
BAB
III
Penutup
A.
Kesimpulan
Mind Mapping
atau peta pikiran sangat efektif karena Peta Pikiran melibatkan/bekerja sama
kedua sisi otak dan cara kerjanya alami. Peta pikiran merupakan perwujudan
fisik dari Mind Mapping pikiran dalam jaringan kerja yang luar biasa. Peta
Pikiran merupakan peta rute yang hebat bagi ingatan, memungkingkan kita
menyusun fakta dan pikiran sedemikian rupa sehingga cara kerja alami otak
dilibatkan sejak awal.
Peta Pikiran mendorong kreativitas
karena dapat memunculkan ide-ide yang cemerlang, menemukan solusi yang inspiratif
untuk menyelesaikan masalah atau menemukan cara baru untuk memotivasi diri dan
orang lain, dan kita perlu membebaskan imajinasi kita dengan menggunakan Peta
Pikiran. Peta Pikiran dapat digunakan di semua bidang. Dalam pembuatan peta
pikiran ada langkah-langkah yang perlu diperhatikan. Peta Kognitif berbentuk
tampilan konsep-konsep secara skematis yang mampu menunjukkan makna konsep
berdasarkan proposisi.
B.
Saran
Pergunakanlah mind map dalam
aktivitas sehari-hari agar mempermudah anda dalam merencanakan dan mengingat
sesuatu secara menyenangkan
Daftar Pustaka
Buzan, Tony. 2007.Buku Pintar Mind Mapping. PT. Gramedia Pustaka Utama,Jakarta.
Hernovo.2005,Artikel Buka Pikiran dengan “Mind Mapping”, Pikiran Rakyat Online,
Bandung
http://astutimin.wordpress.com/20/09/11/26/meningkatkan-hasil-belajar-dan-kreativitas
( diakses tanggal 29 Oktober 2016 09:45)
Lampiran
Contoh
gambar mind map
0 comments:
Post a Comment